header dutis-solution imlek

Pilih Tegas Terapkan SOP atau Kehilangan Pelanggan?

Jakarta -Anda memiliki usaha? Namun pelanggan Anda sering komplain? Anda ingin mengatasinya? Yang diperhatikan pertama kali dalam membuka usaha untuk menarik banyak pelanggan adalah memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.

Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan meliputi banyak hal mulai dari pelayanan dari produk yang Anda jual dan dari sisi pelayanan jasa yang diberikan.

Adanya suatu peraturan dalam usaha yang disebut dengan SOP (Standart Operating Procedure) membuat para pelanggan anda merasa tidak nyaman dan lebih memilih berpindah ke tempat lain, SOP memang dibutuhkan suatu usaha agar petugas atau pegawai dapat menjaga konsistensi dan tingkat kinerja kerja petugas atau pegawai.

Namun pernahkah anda terpikir dengan adanya SOP tersebut membuat para pelanggan Anda merasa terganggung dan tidak nyaman dengan pelayanan dari usaha Anda.

Seperti ilustrasi ini: Saya hendak makan di restoran, semua keluarga ingin makan, istri mau makan, anak-anak mau makan dan balita membawa makanan sendiri dari luar, lalu pihak perusahaan mendatangi kita dan melarang saya untuk makan di sini.

Pihak perusahaan itu pun berkata: “Maaf pak, di perusahaan kami dilarang membawa makanan dari luar, karena sudah ada aturan SOP yang berlaku di perusahaan kami”

Pihak perusahaan tetap melarang orang itu untuk membawa makanan dari luar, meskipun pelanggan tersebut marah-marah di depan umum, tetap saja pihak perusahaan tidak mengubah peraturannya yang sudah ditentukan oleh SOP itu tadi, karena beliau hanya menjalankan perintah yang sudah ditetapkan perusahaan

Bagaimana tanggapan Anda dengan hal di atas? Apakah SOP itu dibutuhkan? Yang ada pelanggan Anda malah kabur dan mencari tempat lain yang lebih baik, Jika pelayanan Anda seperti di atas maka SOP hanya berguna untuk mengusir pelanggan Anda saja, padahal pelanggan tersebut yang membayar Anda, Anda makan dari uang pelanggan itu, tapi anda malah mengusirnya?

Jadi untuk anda yang membuka usaha, setuju menerapkan SOP di perusahaan Anda? Jika ingin memerapkan peraturan dalam perusahaan sebaiknya perhitungkan juga risiko yang akan ditanggung atas peraturan yang Anda buat, jangan sampai dengan sikap profesional dari perusahaan membuat pelanggan Anda merasa terusir.

Coblah anda yang menjadi pelanggannya dan di berlakukan seperti ilusi di atas? Bagaimana perasaan Anda saat itu? Merasa tidak dihargai bukan? Bagaimana hal ini terjadi pada perusahaan Anda? Ingatlah kunci sukses dari suatu perusahaan berawal dari pelayanan yang terbaik yang anda berikan untuk pelanggan Anda.

Salam Dahsyat!

sumber :  http://finance.detik.com/read/2013/11/19/081300/2416646/480/2/pilih-tegas-terapkan-sop-atau-kehilangan-pelanggan

BEST PRACTICES PURCHASING & PROCUREMENT MANAGEMENT

STRATEGIC PURCHASING & PROCUREMENT MANAGEMENT , 12 – 13 MARCH 2019 – JAKARTA

Hotel Ibis / Harris / Sofyan Betawi – Jakarta, 12 - 13 MARCH 2019 Investasi normal : Rp. 4.250.000,- / peserta,…
CONTINUE READING
header_blog_0000-1000x427

Shoploor Leadership, Mengapa Gagal?

Pemimpin lahir di tempat kerja. Bukan di belakang meja. Atau di ruang meeting. Pemimpin adalah eksekutor rencana kerja. Koordinator pelaksana dan…
CONTINUE READING
FINANCIAL PROJECTION AND VALUATION

Training Financial Statement Analysis, 05 – 06 MARCH 2019 – JAKARTA

Setelah perusahaan menyajikan laporan keuangan (financial statement), laporan keuangan banyak memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak apabila laporan keuangan…
CONTINUE READING
Behavior Event Interview Technique For Recruitment and Promotion

Training Behavior Event Interview Technique For Recruitment and Promotion, 04 – 05 MARCH 2019 – JAKARTA

Hampir setiap organisasi menyatakan bahwa “karyawan adalah asset yang memberikan keunggulan kompetitif”. Artinya, setiap karyawan seyogyanya memiliki kompetensi untuk memberikan…
CONTINUE READING
TRAINING_UNGGULAN